* Assalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh * Selamat Datang di Blog MI Al Fattah Dukutalit Juwana Pati *

11/12/14

Perkemahan Akhir Sanah Tahun Pelajaran 2013/2014



Al-Fattah Juwana- Berkemah adalah salah satu macam kegiatan dalam kepramukaan. Kegiatan ini merupakan salah satu media pertemuan untuk Pramuka yang memberikan pengalaman adanya saling ketergantungan antara unsur-unsur alam dan kebutuhan untuk melestarikannya, menjaga lingkungan dan mengembangkan sikap bertanggung jawab akan masa depan yang menghormati keseimbangan alam.

Mengembangkan kemampuan diri mengatasi tantangan yang dihadapi, menyadari tidak ada sesuatu yang berlebih di dalam dirinya, menemukan kembali cara hidup yang menyenangkan dalam kesederhanaan serta membina kerjasama dan persatuan dan persaudaraan.

Salah satu kegiatan yang merupakan kegiatan besar kepramukaan adalah berkemah, entah itu persami, kemah bhakti, ataupun kemah lainnya. Pada umumnya perkemahan diadakan sebagai penutupan kegiatan selama satu tahun, atau rutinitas lainnya. Materinya pun disesuaikan dengan tingkat kompetensi yang perlu dikuasai. Biasanya merupakan penilaian dari kegiatan yang sudah dilaksanakan selama satu tahun berjalan.

Di bawah Pembina Kak Aini Fitriya, S.Pd.I dan Kak Taqwan, kegiatan kepramukaan semakin diminati siswa MI Al-Fattah Dukutalit Juwana. Pada akhir tahun pelajaran 2013/2014 Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah mengadakan kegiatan perkemahan akhir tahun. Perkemahan ini dilaksanakan pada hari Kamis s/d Jum’at tanggal 19-20 Juni 2014 bertempat di halaman madrasah yang diikuti oleh kelas 3-5 dengan jumlah peserta 200 siswa. Ini merupakan kegiatan perkemahan yang diadakan ketiga kalinya sejak madrasah ini berdiri tahun 1999. Untuk tahun pelajaran 2014/2015 perkemahan akan dilaksanakan di Taman Sardi Colo Kudus. Banyak manfaat yang dapat dimaknai dari kegiatan perkemahan ini, diantaranya :

- Melatih kemandirian, tanggung jawab, kerja sama, empati, dan disiplin.

- Berani dipimpin dan memimpin.

- Membiasakan diri mendahulukan kepentingan bersama dari pada individu.

- Melatih mengendalikan emosi, karena semua capek, lapar dan ngantuk.

- Melatih diri menahan hawa sombong, congkak, iri, dan pamer.

- Latihan hidup dalam kesederhanaan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pada acara pembukaan yang berlangsung pukul 14.00 WIB, Bapak Waidi Ahmad Halimi, S.Pd.I selaku kepala Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattah Dukutalit Juwana Pati  mengemukakan, dibentuknya Gerakan Pramuka ini diharapkan mampu membawa peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda, sehingga memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup menghadapi tantangan dimasa depan.

“Banyak kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan kemah ini, meskipun hanya dua hari tetapi banyak ilmu yang kami dapatkan. Dengan pemberi materi yang kompeten sehingga kami pun antusias dalam mengikuti kemah ini,” ujar Naufal salah satu peserta Kemah Bakti tersebut.

Sementara itu, Kak Irham Shodiq salah satu panitia Kemah Akhir Tahun Pelajaran 2013/2014  mengatakan, sangat senang akhirnya kemah ini berjalan lancar sampai selesai, “Kegiatan kemah ini lebih baik dari kemah sebelumnya, mungkin karena persiapannya cukup matang, dan untuk kedepannya semoga kemah bakti ini menjadi lebih baik lagi.” Pungkasnya. (ham,sh-2014)


Berikut dokumentasi kegiatannya :


 Kakak-Kakak Pembina yang energik....
 Siap grak...lho kok masih ada yang ngantuk....
 Ayo adik-adik dalam perkemahan ini mari kita belajar disiplin...siaaap!!! Kak Taqwan memberi arahan...









 nah begini caranya mudah tho....
 Ayo segera diselesaikan...yang gak selesai tepat waktu gak dapat Nasbung lho...Eh Kak Aini Galaknya!




 Kak Taqwan Gagah dan Ganteng....Kayak Banser....

Alhamdulillah...Apinya sudah nyala....

0 komentar:

Posting Komentar

* Wassalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh * Terima kasih telah mengunjungi Blog MI Al Fattah Dukutalit Juwana Pati *

Informasi Pendaftaran

Popular Post

Copyright © MI Al Fattah Juwana | Design by MSD